Jumat, 03 Maret 2017

Alur Cerita Sword Art Online






SAO alias Sword Art Online yang merupakan anime dengan 25 episode. Postingan ini tidak membahas keseluruhan plot dari anime tersebut. Tetapi difokuskan terhadap kisah romansa dua karakter utama, yaitu Kirigaya Kazuto dan Yuuki Asuna. SAO sendiri memang bergenre action romance. Banyak adegan-adegan romantis yang bisa membuat penonton terhanyut dan adegan action yang seru.

Awal kisah dimulai dg peluncuran virtual game bernama Sword Art Online (6 November 2022). ID player Kazuto adalah 'Kirito', dan ID player Asuna sama dengan nama aslinya yaitu 'Asuna'. Sejak awal peluncuran, SAO dimodifikasi oleh penemunya yaitu Kabaya Akihito. Game SAO berubah menjadi game kematian, karena tidak ada menu logout. Sehingga, satu-satunya cara agar player dapat kembali ke dunia nyata adalah dengan menyelesaikan game tersebut. Akan tetapi, jika player ingin tetap hidup, player harus tetap hidup di dalam game sampai game selesai. Karena, jika player mati di dalam game, di dunia nyata pun demikian. Misi game SAO adalah membuka semua lantai yang berjumlah 100. Setiap pintu menuju lantai berikutnya dijaga oleh seorang bos, dengan demikian player harus mengalahkan setiap bos. Peserta game SAO berjumlah 10.000 orang tetapi pada akhir game yang dapat hidup hanya 6147 orang, dan sisanya dinyatakan meninggal. Game SAO selesai pada tanggal 7 November 2024.

Selama di dunia SAO, Kirito mendapat banyak julukan, seperti beater (beta tester dan cheater) dan black swordman. Kirito adalah pahlawan dalam game SAO, karena Kirito lah yang berhasil menyelesaikan game. Level dan skill Kirito di atas rata-rata, dan bisa dibilang paling kuat diantara semua player. Kirito mendapatkan skill unik yang sangat jarang dimiliki, yaitu skill aliran dua pedang, pedang hitam dan pedang putih. Sedangkan di dalam game, Asuna dijuluki sebagai Flash, karena level kecepatannya yang tinggi bahkan di atas Kirito. Tidak seperti Kirito yang pemain solo, Asuna bergabung dalam guild (serikat) Darah dan posisinya adalah wakil kapten. Guild tersebut dikatakan guild paling kuat. Asuna juga memiliki skill memasak dan dia sering membuatkan makanan untuk Kirito. Mungkin karena kemampuan tersebut, Kirito menyukai Asuna. Di dunia nyata, Asuna berumur satu tahun lebih tua dari Kirito. Selain itu, karena kekuatan yang dimiliki, tak heran jika banyak perempuan yang menyukai Kirito. Jadi, bisa dibilang dia dikelilingi banyak perempuan. Tapi, bukan berarti Kirito seorang playboy, hanya saja anime ini bergenre harem.


Pertemuan pertama Kirito dan Asuna terjadi ketika diadakan rapat untuk mengalahkan bos lantai satu. Kirito mengajak Asuna ke dalam party-nya (kelompok). Dengan bantuan para player yang lain, Kirito berhasil mengalahkan bos lantai satu. Setelah kejadian ini, Kirito dan Asuna berpisah dalam petualangan masing-masing. Pertemuan berikutnya terjadi ketika para player barisan depan mengadakan pertemuan untuk membahas strategi mengalahkan bos lantai 57, tentu di sana terdapat Asuna yang memimpin rapat dan Kirito. Sangat disayangkan, Kirito dan Asuna sering berbeda pendapat. 


Beberapa hari setelah rapat, Asuna melihat Kirito yang tertidur di padang rumput. Asuna tidak mengerti tentang sikap santai Kirito dalam game kematian ini. Kirito mengatakan bahwa saat ini mereka tinggal di SAO bukan di dunia nyata. Perlahan Asuna mulai memahami jalan pikiran Kirito. Asuna ikut tidur dan bangun di sore harinya. Demi membalas budi karena Kirito telah menjaganya selama tertidur, Asuna mentraktir Kirito. Setelah makan, Kirito dan Asuna menemukan masalah yaitu kasus pembunuhan di zona aman. Secara teknis ini mustahil. Mereka sepakat bekerja sama untuk mengatasi misteri tersebut. Keesokkan harinya, Asuna memberikan sandwich buatannya kepada Kirito di sela-sela waktu mereka mendiskusikan kasus. Ternyata sandwich tersebut sudah disiapkan Asuna. Jadi, menurutku di sini Asuna mulai menyukai Kirito. Dan juga Asuna yang pertama kali menyukai Kirito.


Setelah kejadian tersebut, mereka semakin sering bersama. Suatu hari, Kirito mendapatkan bahan makanan golongan S (sangat langka), ia pun kerepotan mencari seseorang yang dapat memasakkan untuknya. Seperti takdir, ia bertemu Asuna. Asuna memenuhi permintaan itu dengan syarat ia mendapatkan setengahnya. Karena di rumah Kirito tidak tersedia alat masak, Asuna memutuskan untuk memasak di rumahnya saja, yaitu di lantai 61 (Selmburg). Ini adalah pertama kalinya Kirito berkunjung ke rumah Asuna. 


Setelah makan, Asuna meminta Kirito menjadi salah satu daftar temannya. Awalnya Kirito menolak dengan alasan barisan depan berbahaya. Tapi, Asuna memaksa dan Kirito pun mengalah. Untuk kedua kalinya mereka membuat party bersama.

Hubungan mereka semakin dekat, hingga saat Asuna ingin cuti sebentar dari serikat untuk bisa berpetualang bersama Kirito, pemimpin (Heatcliff) melarangnya dengan alasan kekuatan Asuna masih dibutuhkan. Kirito tidak tinggal diam, ia pun mendatangi Heatcliff bersama Asuna. Hasil pertemuan tersebut adalah sebuah duel, jika Kirito berhasil mengalahkan Heatcliff, Kirito dapat membawa Asuna bersamanya. Akan tetapi, jika Kirito kalah maka Kirito akan bergabung dengan Serikat Darah. Ternyata Heatcliff sangat kuat sehingga Kirito kalah. Ia pun terpaksa bergabung dalam Serikat Darah.


Suatu hari, ada misi latihan dari Serikat Darah yang harus dijalani Kirito. Tapi itu dimanfaatkan oleh Kurradel. Sebelum ini, Kirito sempat ber-duel denganya untuk menolong Asuna. Kurradel sendiri adalah pengawal Asuna dan tidak menyukai kedekatan Asuna dengan Kirito. Kurradel meracuni Kirito dan mengakibatkan lumpuh total. Saat Kirito hampir mati, Asuna datang menolong. Setelah kejadian tragis ini, Kirito menyatakan perasaannya kepada Asuna. Dia bilang, "Nyawaku adalah milikmu. Akan kugunakan itu untukmu. Ayo, kita pulang ke dunia nyata bersama.  Hari ini... malam ini, aku ingin bersamamu". Yup, pasti kalian udah mikirin itu ya? Asuna juga berfikir demikian, tapi itu ternyata salah, Kirito cuma ingin menghabiskan malam bersama Asuna. Udah itu doank, tanpa ada kegiatan fisik yang lain. Mendengar itu Asuna sangat marah, karena dia sudah menyiapkan segala sesuatunya.


Entah apa yang terjadi, karena di anime-pun tidak menjelaskanya. Kirito dan Asuna akhirnya benar-benar menghabiskan malam bersama (seperti pikiran kita). Dan setelah itu, Kirito mengatakan, "Mari... mari kita menikah". Asuna pun menjawab "Iya" dengan sangat bahagia.


Mereka kemudian pindah ke lantai 22 (25 Oktober 2024) dan membeli rumah kayu sebagai tempat tinggal mereka. Di tempat ini mereka terlihat seperti pasangan suami istri yang bahagia. Di tempat ini juga mereka menemukan anak pertama mereka, Yui. Akan tetapi waktu mereka bertiga untuk bersama tidak lama, karena ternyata Yui adalah sebuah program. Yui menghilang setelah dia menyelamatkan papa (Kirito) dan mamanya (Asuna) dari monster yang sangat kuat. Melihat Asuna yang menangis tersebu-sedu akan kehilangan Yui, Kirito mengotak-atik console. Dan syukurnya, Kirito berhasil membuat Yui menjadi objek dalam game dan tersimpan dalam memori lokal Kirito sebagai hati Yui.





Setelah 2 minggu cuti, mereka disuruh kembali ke barisan depan oleh Heatcliff bersama player lain untuk mengalahkan bos lantai 75. Di sini Kirito mengatakan pada Heatcliff bahwa saat keadaan berbahaya, dia lebih mengutamakan keselamatan Asuna daripada anggota serikat yang lain. So sweet kan?... Dengan banyak perjuangan dan pengorbanan, akhirnya mereka berhasil mengalahkan bos lantai 75. Tepat setelah itu, dengan beberapa keanehan, Kirito menyadari bahwa Heatcliff adalah Kabaya Akihiko dan dialah bos terakhir (bos lantai 100). Kirito berjuang sendiri mati-matian untuk mengalahkan Heatcliff, karena player lain dibuat lumpuh termasuk Asuna. Sebelum duel maut itu, Kirito meminta sebuah permohonan kepada Heatcliff, "Jika aku mati, jangan biarkan Asuna bunuh diri". Duh, romantis kan?...


Kirito hanyalah player biasa sedangkan Heatcliff adalah game master yang menguasai sistem, dengan demikian perbedaan kekuatan mereka sangat jauh. Hingga saat Heatcliff hendak menebas Kirito, Asuna melindungi Kirito. Asuna meninggal. Melihat kenyataan pahit tersebut, Kirito kehilangan semangat untuk bertarung. Ia pun tertusuk pedang Heatcliff. Keajaiban datang, Kirito yang sudah mati tiba-tiba menggerakkan pedang Asuna dan menusukannya ke tubuh Heatcliff. Game selesai, Kirito menang. 
Sesaat Kirito bangun di dunia nyata dia langsung bangkit dari kasur RS untuk mencari Asuna. Ya, kata pertama yang diucapkan Kirito adalah "A..su..na". Beberapa hari kemudian, Kirito mengetahui RS tempat Asuna di rawat. Di sini ada kejadian aneh, semua player yang masih hidup telah bangun kecuali 300 player lain termasuk Asuna. 


Kirito sering menjenguk Asuna yang sedang koma. Hingga pada tanggal 20 Januari 2025, dia bertemu Sugou Nobuyuki. Dia adalah calon suami Asuna di duniat nyata dan akan menikah pada tanggal 26 Januari 2025. Kirito sangat terpukul, tetapi karena dia tahu bahwa Asuna tidak menyukai Sugou dan hanya dialah yang dicintainya, Kirito bertekad untuk menyelamatkan Asuna. Berkat informasi yang diberikan salah satu temannya, Agil, Kirito memutuskan untuk kembali ke dunia virtual game, Alfheim Online (ALO). Di game tersebut, terdapat ratu peri "Titania" yang terkurung di dalam sangkar yang terdapat pada pohon dunia. Dan, kemungkinan besar itu adalah Asuna. Di dalam ALO, Kirito berhasil menghidupkan Yui kembali. 


Waktu yang dimiliki Kirito hanya 6 hari. Dia berjuang untuk mencapai puncak pohon dunia. Pertarungan yang sangat berbahaya pun dialami Kirito dan menyebabkan dirinya meninggal satu kali. 


Dengan bantuan player lain, Yui dan Kirito akhirnya bertemu Asuna. Akan tetapi Sugou datang dalam wujud raja peri Oberon, karena dia adalah orang yang mengendalikan ALO. Lagi, untuk ke dua kalinya, Kirito bertarung melawan game master. Saat detik-detik terakhir kekalahan Kirito. Kabaya yang telah meninggal setelah insiden SAO muncul dalam memori Kirito, entah kenapa dia membantu Kirito mengalahkan Sugou. Kirito dan Asuna pun kembali bersatu.


 Segera setelah log out dari ALO. Kirito langsung menjuju RS tempat Asuna di rawat. Di tengah perjalanan, dia kembali di serang Sugou di tempat parkir RS. Pertarungan terakhir yang sesungguhnya dimenangkan Kirito. Ia pun bisa bertemu dengan Asuna yang sudah sadar. 
 
"Senang bertemu denganmu, namaku Yuuki Asuna. Aku kembali, Kirito"
"Namaku Kirigaya Kazuto. Selamat datang, Asuna"



 Mereka akhirnya menjadi sepasang kekasih di dunia nyata dan sepasang suami di dunia game. Petualangan mereka di game selanjutnya selalu menanti.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar